Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Seo Secara Lengkap 2020


Di artikel ini kita akan bahas secara lengkap apa itu Seo, dan jenis - jenis seo itu sendiri. Cekidot !

Pengertian SEO Secara Lengkap

Definisi apa itu SEO versi Wikipedia (terjemahan dari bahasa Inggris)

“Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayarpencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”

Istilah dengan kata-kata kita sendiri, Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization/SEO adalah:

melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Anda agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman Anda tersebut ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik”.




Arti lain SEO :

Di komunitas SEO, selain berarti Search Engine Optimization, SEO juga bisa diartikan Search Engine Optimizer, yakni orang yang melakukan optimisasi mesin pencari. Jadi SEO di sini adalah sebuah profesi. Jika Anda adalah seorang praktisi SEO, 

maka jika seorang dari luar negeri menanyakan profesi Anda “What are you?”, Anda bisa menjawab: “I am an SEO.” (search engine optimizer a.k.a. profesi seseorang yang melakukan optimisasi mesin pencari).


Definisi apa itu SEO versi Wikipedia Indonesia

“Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.”


Arti Menurut beberapa Pakar - pakar Seo terkenal :

Neil Patel
" Seo Adalah sebuah seni untul memahami search enggine dan menggunkan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah website memiliki peringkat di dalam seacrh enggine ".

Dax Herrera
"Seo adalah mengorganisir informasi dari client untuk membuatnya dapat di akses oleh robot / mesin pencarian ".

Danny Sullivan
" Seo adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari informasi ( di internet maupun dengan cara lain ) dan memastikan bahwa mereka atau client mereka cukup terihat di area pencarian gratis yang tersedia ".

Rand Fishkin
" Seo adalah kombinasi dari taktik dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimasi informasi, kemudahan pengguna, fokus pada konten, pengembangan situs, keyword, dan segala macam elemen marketing online maupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak tranfic dari search enggine ( mesin pencarian ).

QuadsZilla ( Aktifis SEO Black Hat )
Pengertian QuadsZilla ( Penganut Web Spam) Seo adalah ketikamseseorang mencoba untuk melakukan kecurangan dan mengambil jalan pintas sehingga situs/website mereka akan tampil lebih tinggi dalam mesin pencarian ( rangking ) daripada yang pantas mereka terima.

Jenis - Jenis SEO



Secara umum, ada dua jenis optimisasi pada SEO. Yang pertama adalah Optimisasi Halaman atau Optimisasi Di-Halaman (SEO On-Page) dan yang kedua adalah Optimisasi Di Luar-Situs (SEO Off-Site).
Baca Juga : Cara Membuat Site Map Blogger SEO Friendly
  • SEO On-Page
Optimisasi Halaman (SEO On-Page) adalah proses di mana Anda melakukan perubahan di halaman web Anda agar halaman tersebut menurut mesin pencari menjadi relevan dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna di internet. SEO On-Page ini termasuk kategori Optimisasi SEO Tingkat Dasar.

Karena SEO On-Page ini terkait dengan bahasa HTML, script blogger atau php untuk WordPress, maka diperlukan pemahaman mengenai bahasa HTML, blogger tag, atau php agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan Optimisasi Halaman.


  • SEO Off-Site
Optimisasi Luar-Situs (SEO Off-Site) adalah proses di mana Anda melakukan peningkatan nilai (popularitas) pada faktor-faktor di luar situs Anda yang mempengaruhi peringkat halaman web Anda sesuai kata kunci yang Anda bidik.

Membuat isi halaman web Anda yang unik, berkualitas tinggi (valuable), dan layak untuk dibagikan (shareable) sehingga halaman web Anda tersebut menjadi acuan, dishare, dan ditaut oleh situs lain yang berotoritas atau di bidang yang sama dengan situs Anda secara alami bahkan tanpa Anda minta.


Kesimpulan

Setelah memahami apa itu seo secara lengkap, mungkin kalian harus mempraktekkannya secara langsung dalam blog atau website. mungkin artikel Optimasi SEO Secara Lengkap bisa membantu kalian dalam menerapkan SEO yang benar
--- 
Cukup sekian dulu Pengertian Seo, mungkin kalian ada yang ingin menambahkan, memperbaiki, atau menanyakan. silahkan berkomentar dengan mematuhi aturan yang sudah ada :)
Raja Muchlisar
Raja Muchlisar Hanya seseorang yang bukan siapa-siapa, yang mencoba dan terus mencoba memperbaiki kesalahan dalam mengelola blog dan youtube.

Post a Comment for "Pengertian Seo Secara Lengkap 2020"