Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengelola Blog

Untuk bisa mengelola sebuah blog memang tidak lah mudah, akan ada saja kendala yang kamu hadapi. Jika yang kamu hadapi adalah kebosanan, tidak mod, malas menulis, maka itu adalah salah satu paling sering di alami.

Bagaimana caranya untuk menghadapi kebosanan, tdk mod, malas menulis itu ? mungkin salah satu cara yang paling efektif adalah temukan kenyamanan dalam mengelola blog tersebut. berikut adalah alternatif tips mengelola website / blog.

Berikut Tips Mengelola Sebuah Website / Blog :




1. Membuat Rencana ( Planning ) 

Dalam menentukan rencana, ingatlah tidak akan 100% terealisasikan, pasti akan ada kendala yang akan kamu hadapi, baik itu kendala mudah maupun kendala berat. namun rencana yang baik tidak akan membuat kamu kecewa.


2. Tentukan Topik

Semua topik asal konten berkualitas bisa mengahasilkan, bahkan hanya sekedar lucu lucuan. Jangan pernah memaksa untuk ingin menentukan topik, akibatnya konten/artikel kualitasnya sangat jelek, dan terbengkalai tanpa mendapatkan pengunjung sama sekali. 

Jadi pilihlah topik yang sesuai dan menarik bagi anda. Karena topik yang menarik akan membuat anda betah dan tidak stres dalam membuat artikel nantinya.

3. Mencari ide untuk Postingan


Ide yang muncul tidaklah terbatas, akan tetapi pilihlah ide susuai dengan topik dari blog/web yang kamu kelola. ada beberapa tips untuk mendapatkan ide sesuai dengan topik blog kamu :
  • Seringlah melihat/mengunjungi blog orang lain ( blogwalking )
  • Sering seringlah kamu membuka media sosial.
  • Melihat trending topic.
  • Melihat berita, baik itu elektronik ataupun non elektronik ( koran ).
  • Mencari hiburan ( jalan-jalan, melalukan hoby dan lain sebaginya ).
  • Mencari Patner ( rekan ) bisa satu topik atau berbeda.
sedikit banyaknya akan berpengaruh dalam mendapatkan ide utuk postingan.


5. Rutin Melalukukan Posting

Jika kamu sanggup untuk memposting sehari 1 konten maka itu harus kamu pertahankan, dan jika tidak sanggup mulailah posting seminggu sekali, atau juga merasa berat ? coba 1 konten sebulan. mungkin itu sedikit gambaran untuk kamu yang ingin memulai.


6. Optimasi SEO


Dalam melakukan optimasi seo agak sedikit sulit untuk kamu seorang pemula, lebih baik menulis dulu dan mencari informasi apa sih seo itu, mungkin referensi saya dapat membantu : Pengertian SEO secara lengkap


7. Promosi 


Promosi sangatlah penting kenapa ? karena promosi bertujuan untuk mengenalkan blog/web kamu kepada orang banyak, banyak yang kamu dapatkan dari mempromosikan blog/web. yang utama adalah pengunjung blog yang lumanyan.
Raja Muchlisar
Raja Muchlisar Hanya seseorang yang bukan siapa-siapa, yang mencoba dan terus mencoba memperbaiki kesalahan dalam mengelola blog dan youtube.

2 comments for "Tips Mengelola Blog "

  1. bisa menambah wawasan dan informasi, semangat terus kak nulis artikelnya...
    oh ya aku mau ngasih tau ni mengenai Universitas Islam Riset Terdepan Berbasis pada Kesatuan Ilmu Pengetahuan untuk Kemanusiaan dan Peradaban, untuk info lebih lanjut langsung aja klik
    walisongo.ac.id

    ReplyDelete