Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Optimasi SEO Secara Lengkap 2019

Secara umum, Optimasi ( Penerapan ) SEO Terbagi dalam dua tahap, Yaitu On Page dan Off Page dan berikut pembahasannya...

Optimasi SEO On Page

#1. Title Tag
#2. Meta Description
#3. Alamat URL 
#4. Gambar Pada Postingan
#5. Gunakan Keyword LSI
#6. Gunakan Long Tail Keyword
#7. Artikel Setidaknya 1000+ Suku Kata atau lebih
#8. Konten Original

PEMBAHASAN SEO ON PAGE

#1. Title Tag

Kata Kunci yang berada di awal judul lebih baik di bandingkan meletakkannya di tengah atau di belakang, jadi gunakan Title Tag sebgai tempat pertama dalam peletakan kata kunci, apabila menurut anda tidak cocok atau tidak bagus, maka tempatkan di tengah atau akhir judul.
Contoh : 
<title>Pengertian Seo Secara Lengkap</title>
contoh title tag
Seperti pada gambar, kalimat yang kita tulis di dalam <title> tag akan tampil sebagai judul halaman website kita.

#2. Meta Description

Penggunaan Meta Description yang benar dapat membantu website anda berada di urutan teratas pada hasil pencarian.

Berikut adalah beberapa panduan cara membuat Meta Description yang optimal:
1. Pastikan semua halaman website anda memiliki Meta Description.
2. Buat deskripsi yang unik atau berbeda untuk setiap halaman. 
3. Meta Description tidak selalu harus ditulis dalam bentuk kalimat.
4. Pastikan deskripsi Anda benar-benar deskriptif dan nyaman dibaca oleh pengunjung (human-readable).
Contoh : 
<meta name="description" content=" rajamuchlisar.blogspot.com merupakan blog personal Raja Muchlisar, blog ini akan mengupas lebih jauh tentang blog, website, seo. " />
contoh meta description
  

#3. Alamat URL 

Melakukan optimasi url,atau alamat situs yang mengadung sebuah keyword yang kita targetkan, atau sesuai dengan merek dagang ataupun nama yang unik, dengan demikian akan menjadikan alamat situs kita menjadi relevan dalam sebuah keyword yang kita idam idamkan muncul dalam pencarian search engine. 


Dalam beberapa kasus, url di buat semenarik dan semudah mungkin untuk di ingat ataupun mewakili bisnis, personal, atau merek dagang sekalipun tidak ada keyword yang relevan dengan isi halaman ( konten ). contoh url : rajamuchlisar.blogspot.com

#4. Gambar Pada Postingan

Sebuah gambar besar akan menarik perhatian mereka, dan kalimat pertama di bawah gambar akan memperdalam minat mereka untuk membaca lebih lanjut isi postingan di dalam blog. Itulah alasan mengapa setiap post mempunyai gambar sekurang kurangnya 1 dan sebanyak banyaknya jangan melebihi 20, karena dapat menyebabkan loading website atau blog menjadi lambat, dan mempengaruhi tranfic blog, sebab semakin lambat sebuah website atau blog penggunanya akan keluar dan akan mempengaruh pada peringkat di search engine membengkak.

Contoh : Pada Artikel atau Blog ini ( rajamuchlisar.blogspot.com )

#5. Gunakan Keyword LSI ( Latent Semantic Indexing Keyword )

Agar setiap postingan blog yang kita buat lebih mudah di indeks mesin pencari, sebaiknya selalu menyertakan Keyword LSI sebagai pendukung kata kunci utama (keyword target).


Contoh : hasil dari search " Pengertian Seo ".


Untuk Pengertian dan mamfaat Keyword LSI sementara waktu lakukan pencarian di mesin pencarian sampai sempat admin bahas hehehe.

#6. Gunakan Long Tail Keyword

Menggunakan Kata Kunci yang panjang mudah mendapat peringkat di mesin pencarian di bandingkan dengan kata kunci singkat yang sudah diduduki oleh website-website besar.



#7. Artikel Setidaknya 1000+ Suku Kata atau lebih

Salah satu cara untuk mendapat peringkat di search engine adalah mempunyai artikel lebih dari 1000 kata, malahan beberapa website-website besar menyarankan sampai 2000 kata lebih.

#8. Konten Original

Hilangkan kabiasaan copy paste dalam membuat artikel, karena update algoritma terbaru google tahun ini website atau blog yang menggunakan atau melakukan copy paste akan sulit mendapat peringkat di search engine, yang berimbas kepada visitor yang tidak ada atau sedikit. Semakin original artikel anda semakin besar kesempatan mendapat peringkat di mesin pencarian. tidak percaya ? buktikan sendiri ...

Optimasi SEO Off Page


#1. Backlink 
#2. Domain Authority ( DA ) 
#3. Page Authority ( PA )
#4. Trust Flow ( TF )
#5. Citation Flow ( CF )
#6. Link Building
#7. Social Media
#8. Forum


PEMBAHASAN OPTIMASI SEO OFF PAGE

#1. Backlink 

Backlink atau sering di sebut dengan link balik yaitu link yang mengarah ke blog atau website kita dari orang lain." Link From Same niche category " Maksudnya adalah membangun atau mencari Backlink yang berkualitas dan juga sama niche ( topik ). 

#2. Domain Authority ( DA )

Domain Authority atau Otoritas Domain adalah ukuran kekuatan sebuah nama domain dan merupakan salah satu dari banyak faktor peringkat mesin pencari. Domain Athority didasarkan pada tiga faktor yaitu Usia, Popularitas, dan Ukuran. Dengan memiliki tiga faktor tersebut situs web akan mudah sekali mendapatkan peringkat yang tinggi dalam hasil pencarian. 

#3. Page Authority ( PA )

Page Authority atau Otoritas Halaman adalah istilah SEO digunakan untuk menggambarkan probabilitas bahwa halaman tertentu dari situs Anda akan ditemukan di mesin pencari. Page Authority didasarkan pada skala logaritmik dari 0 sampai 100 dan berkaitan dengan relevansi informasi dan link dalam halaman situs satu sama lain.

#4. Trust Flow ( TF )

TF adalah sebuah metrik yang didesain untuk memutuskan seberapa terpercayakah sebuah link / halaman. Metrik ini didasarkan pada kualitas backlink yang mengarah pada website tersebut. Jika mendapat sebuah backlink dari website yang memiliki authority dan TF yang tinggi, maka TF dari website kita juga akan meningkat.

#5. Citation Flow ( CF )

CF adalah sebuah metrik yang didesain untuk memprediksi seberapa ‘dampak’ dari link (halaman) pada sebuah website dengan mempertimbangkan jumlah backlink yang mengarah pada link (halaman) tersebut. Metrik ini tidak memperdulikan kualitas dari backlink, jadi semakin banyak domain yang mengarah pada halaman, maka ‘dampak’-nya akan makin tinggi.

#6. Link Building

Link building adalah sebuah teknik optimasi yang dilakukan untuk mendatangkan backlink berkualitas ke halaman website kita.

#7. Social Media

Salah satu teknik untuk mendapatkan pengunjung ( visitor ) yang tidak terhingga, lakukanlah optimasi ke sosial media. contohnya membuat fanspage atau grup dan mengepost artikel kedalamnya, semakin dekat dengan pengunjung maka semakin baik pula kedepannya.

Raja Muchlisar
Raja Muchlisar Hanya seseorang yang bukan siapa-siapa, yang mencoba dan terus mencoba memperbaiki kesalahan dalam mengelola blog dan youtube.

1 comment for "Optimasi SEO Secara Lengkap 2019"

  1. In the ever-evolving realm of SEO, embracing innovations like Latent Semantic Indexing is crucial for achieving sustainable success. By understanding the power of LSI keywords and incorporating them intelligently into your content, you not only enhance your search engine visibility but also provide users with valuable and contextually relevant information.

    In the intricate dance between websites and search engines, dynamic ways of SEO emerges as the orchestrator of success. From content optimization to technical intricacies, embracing these dynamic ways allows your website to not only survive but thrive in the competitive digital sphere.

    Embracing Semantic SEO is a strategic move towards future-proofing your digital presence. By transitioning from a keyword-centric to a context-driven approach, you signal to search engines that your content is not only relevant but also aligned with user intent.

    ReplyDelete